Home » Berita » Teliti Profesionaltitas Guru, Dosen UPGRIS Raih Doktor

Teliti Profesionaltitas Guru, Dosen UPGRIS Raih Doktor

Wednesday, 1 March 17 | 9:47

Dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dra. Endang Wuryandini, M.Pd. lulus doktor bidang ilmu pendidikan. Endang yang tercatat sebagai mahasiswa Pascasarjana program studi Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) lolos ujian promosi terbuka, belum lama ini di kampus Kelud Pacasarjana Unnes.

‘’Penelitian saya berkenaan bagaimana mendorong guru selalu mengembangkan profesionalitas. Ini juga berkenaan tuntutan zaman, era global dan kemajuan teknologi informasi. Para pendidik butuh memperkuat kompetensi dari waktu ke waktu,’’ tuturnya.

Dosen jurusan Pendidikan Ekonomi itu, menuangkan penelitian dalam disertasi berjudul ‘’Pengembangan Model Implementasi Kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Berorientasi Kolaboratif Partisipatif Bagi Guru SMK Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Pascasertifikasi di Kota Semarang’’. Riset didukung promotor Prof. Dr. Samsudi, M.Pd., kopromotor Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd., dan anggota promotor Dr. Titi Prihatin, M.Pd.

Menurutnya, untuk bisa maju guru tak bisa bergerak seorang diri. Mereka butuh wadah untuk mendorong kinerja di dalam mencetak lulusan yang handal. Lingkup Kota Semarang telah disiapkan kebijakan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Ini akan bisa menjadi sarana untuk mengembangkan profesionalitas guru.

Profesionalitas menjadi kewajiban yang perlu dikembangkan secara berkesinambungan. Penelitian ini, ikut dilatarbelakangi tuntutan profesionalitas guru dalam menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing.

Guru SMK, misalnya, bertanggung jawab memberikan bekal kepada peserta didik, dan menyiapkannya memasuki kerja. Pembelajaran yang baik, untuk mempersiapkan peserta didik, butuh dilakukan dengan model teaching factory atau belajar melalui industri.

Diunggah oleh: Shabrina Alania