Doktor ke 90 lulusan UNNES

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang unik ,yang didirikan karena adanya tuntutan dan kebutuhan zaman . dan apabila dilacak kembali sesungguhnya pesantren dilahirkan atas kesadaran adanya kewajiban da’wah Islamiyah, sekaligus mencetak kader-kader ulama’ dan da’i.  Melalui  disertasi berjudul  “Model Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi Pondok Pesantren Salaf Dalam Mewujudkan Ustadz Berkualitas” , Nur Uhbiyati, mendeskripsikan dan menganalisa model manajemen pengembangan sumber daya manusia Pondok Pesantren SALAF API Tegalrejo Magelang guna mewujudkan ustadz berkualitas yang secara rinci mendeskripsikan dan menganalisis  (1) Sosok dan karakter Pondok Pesantren Salaf API Tegalrejo Magelang. (2) Kriteria ustadz berkualitas di Pondok Pesantren SALAF API Tegalrejo Magelang. (3) Manajemen pengembangan sumber daya manusia/ustadz berbasis kompetensi di Pondok Pesantren SALAF API Tegalrejo Magelang. (4) Tawaran Model manajemen pengembangan sumber daya manusia/ustadz di Pondok Pesantren SALAF API Tegalrejo Magelang.

Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pondok Pesantren API Tegalrejo adalah pondok pesantren salaf dengan ciri-ciri: (a) hanya mengajarkan ilmu-ilmu pengetahuan keislaman saja, (b) metode pembelajarannya bandongan/weton dan sorogan, (c) menganut faham Ahlus Sunnah wal Jama’ah. (2) Kriteria ustadz berkualitas: memiliki kualifikasi akademik pendidikan lulus tingkat terakhir Pondok Pesantren Salaf API Tegalrejo; memiliki salah satu dasar-dasar ketrampilan; memenuhi standar kompetensi ustadz yaitu: profesional religius, personal religius dan sosial religius (3) manajemen pengembangan sumber daya manusia/ustadz berbasis kompetensi, merupakan bagian dari sistem manajemen SDM ustadz berbasis kompetensi terpadu. Secara keseluruhan sistem manajemen SDM/ustadz terpadu terdiri dari 8 bagian yaitu: kriteria ustadz berkualitas, perkiraan kebutuhan, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pengembangan, penegakan disiplin, evaluasi dan pemberhentian. (4) model manajemen pengembangan ustadz berkualitas yang ditawarkan berorientasi pada visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, menerapkan fungsi manajemen perencanaan dan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta mempertimbangkan program jangka pendek, menengah dan panjang untuk terwujudnya ustadz berkualitas.

Tim penguji  yang terdiri atas Prof.Dr. Harsono, M.S, Prof.Dr.Samsudi, M.Pd, Prof.Dr. Sugiyo, M.Si, Dr. Ant. Tri Widodo, Prof.Dr.Totok Sumaryanto, M.Pd dan Prof.Dr Sarosa Purwadi, menetapkan hasil akhir ujian promosi doktor pendidikan  Nur Uhbiyati dinyatakan  Lulus sebagai Doktor ke 63 prodi Manajemen Kependidikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*