Dosen Seni Rupa UNY Lulus Doktor ke 313

Dosen Universitas Negeri  Yogyakarta kelahiran kelahiran Solok Sumatra barat, Zulfi Hendri, S.Pd, M.Sn. mengikuti ujian terbuka dikampus Pascasarjana Unnes Kelud Utara III, Jumat 12 Januari 2018. Desertasi  lelaki kelahiran 1975 ini berjudul kontektualisasi Diri Anak Dalam Menggambar dan Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar.

Dalam paparan ujiannya Hendri Zulfi menyampaikan masalah kontekstualisasi anak menggambar terkait dengan bentuk adaptasi dan pembelajaran seni rupa di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan kontektualisasi bentuk dan adaptasi yang mempengaruhi anak menggambar sebagai  representasi pembelajaran seni rupa di sekolah dasar.

Pendekatan penelitian  dikembangkan Zulfi adalah fenomenologi   dilakukan dengan pertimbangan subjektivitas pengalaman hidup anak. Sedang  desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif  melibatkan 20 anak di yogyakarta  di sampel secara purposive dan snowball.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa obyek atau benda-benda yang digambar anak secara kontekstual yaitu 1) pemandangan alam, diantaranya gunung, hutan, laut, matahari dan pantai 2) kendaraan bermotor berupa pesawat tempur, pesawat komersil, pesawat tempur, pesawat jet dan mobil perang. 3) Benda pada lingkungan tempat tinggal yaitu bunga, binatang, ikan, rumah dan taman bermain. “Benda benda tersebut merupakan pengalaman atas adaptasi langsung dengan alam dan pengalaman yang dialami dari teknologi informasi berupa televisi dan video game “ papar Hendri.

Setelah ada pertanyaan dan sanggahan dari para penguji disimpulkan dalam penelitian Hendri Zulfi menyampaikan bahwa pemilihan obyek sangat bergantung pada kultur bawaan dan adaptasi anak dan identik dengan pembelajaran seni budaya (seni rupa) di sekolah dasar. Kebebasan memilih tema dan pemunculan kesukaan anak perlu ditanamkan pada pembelajaran senirupa untuk menjaga sikap individualisme anak yang masih dalam proses kognitif yang berubah-rubah.

Dosen Seni Rupa di UNY ini mempertahankan Desertasinya atas bimbingan promotor Prof. Dr Tjetjep Rohendi Rohidi, M.A, ko promotor Prof. Dr. Suminto A. Sayuti, dan anggota promotor Prof. Dr. Soesanto, M.Pd. dewan  penguji  Prof. Dr. Setiawan Sabana, M.F.A, Dr Triyanto, M.A,  Dr. Hartono , M.Pd dan dinyatakan lulus Doktor ke 313 lulusan Universitas Negeri Semarang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*