Guest Lecture dengan Dana Masarykova, PhD

   Pada hari Rabu (29/05/2019) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Program Magister UNNES  kembali mengundang dosen tamu dari luar negeri (Guest Lecture) yang berasal dari Negara Slovakia. Guest Lecture adalah salah satu program rutin yang dilaksanakan dari program studi PAUD, Pascasarjana UNNES. Pada kesempatan kali ini Dana Masarykova, PhD yang merupakan seorang Wakil Dekan dari Faculty of Education,  di Trnava University, Slovakia membahas mengenai Physical Education Curriculum Development and Implementation in Early Childhood Education.

   Dana Masarykova, PhD menjelaskan tentang perkembangan kurikulum pendidikan jasmani dan implementasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Di dalam pertemuan tersebut, juga memaparkan tentang Fundamental Motor Skill in Early Childhood  atau yang disebut dengan keterampilan gerak dasar. Keterampilan gerak dasar adalah keterampilan yang mendukung koordinasi dan gerakan pada anak usia dini hingga usia 8 tahun. Penting sekali mengajarkan keterampilan gerak dasar pada anak, sebab setelah usia 8 tahun anak-anak akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan keterampilan gerak dasar. Pengembangan keterampilan tersebut tidak terjadi secara kebetulan, namun terjadi melalui peluang dan pengalaman bermain yang relevan. Keterampilan gerak dasar (Fundamental Motor Skill) terdiri dari Rolling, Stopping, Bending, Twisting, Landing, Stretching, Climbing, Static and Dynamic  Balancing, Turning.

   Tidak ingin menyianyiakan kesempatan, mahasiswa prodi PAUD Pascasarjana UNNES memberikan beberapa pertanyaan yang relevan dengan tema tersebut khsusnya tentang kurikulum pendidikan jasmani pada anak usia dini. Harapan dengan adanya kegiatan Guest Lecture dapat menambah wawasan keilmuan internasional pada mahasiswa dan doesn khususnya  pada bidang Physical Education Curriculum Development.

<<–Back to Prodi–>>

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*