Jadwal dan Panduan Pengisian Kartu Rencana Studi Mahasiwa Baru Universitas Negeri Semarang

SIKADU SEKILAS

Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu) adalah sistem informasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan untuk mengorganisasikan data akademik di Universitas Negeri Semarang dan dapat diakses secara online melalui alamat: http://akademik.unnes.ac.id

FUNGSI SIKADU BAGI MAHASISWA

Fungsi Sikadu bagi mahasiswa antara lain untuk:

  1. Pengelolaan sistem registrasi,
  2. Sistem penjadwalan perkuliahan,
  3. Pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS),
  4. Monitoring perkuliahan,
  5. Pengorganisasian nilai hasil studi mahasiswa,
  6. Pendaftaran wisuda.

TANGGAL PENGISIAN KRS MAHASISWA BARU

Sesuai kalender akademik 2018/2019  pengisian KRS mahasiwa baru Unnes adalah tanggal 7 sd 10 Agustus 2018

PROSEDUR LOGIN

Akun mahasiswa baru telah disiapkan oleh UPT TIK dan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Username adalah 10 digit Nomor Induk Mahasiswa (NIM), contoh 5301416033.
  2. Password default adalah tanggal lahir mahasiswa dengan format DDMMYYYY, contoh apabila mahasiswa lahir pada 4 Desember 1998 maka passwordnya 04121998.
  3. Bagi mahasiswa yang telah melakukan registrasi akun Sikadu sebelum pelaksanaan PPAK maka akan di non-aktifkan secara permanen.
  4. Setelah login, mahasiswa baru wajib mengganti password default dengan password yang mudah diingat oleh mahasiswa.

Pengisian Kartu Rencana Studi;

Sebelum mengisi KRS, kami sarankan mahasiswa sudah mengetahui rombel mana mahasiswa tersebut di tetapkan. silahkan ——> klik disini untuk memeriksanya. hal tersebut supaya dalam pengambilan matakuliah tidak salah mengambil matakuliah rombel lain. kesalahan  pengambilan mata kuliah mengakibatkan kerancuan dalam jadwal kuliah (bentrok jam, ruang, dosen dan lain-lain) sehingga mahasiswa tidak bisa mengikuti perkuliahan secara penuh. pembuatan jadwal oleh operator didesain tidak ada bentrok baik jam, ruang, maupun dosen antara matakuliah satu dengan lainnya dalam satu rombel. Kebijakan sistem, ketika mahasiswa tidak bisa memenuhi kehadiran dalam perkuliahan minimal 75% dari total perkuliahan, maka mahasiswa tersebut tidak berhak diberi nilai (otomatis nilainya E) dan harus mengulang pada semester berikutnya. berikut kami terangkan langkah-langkah pengisian KRS

 1. buka http://akademik.unnes.ac.id nanti akan diarahkan ke http://app.unnes.ac.id
 
 2. Selanjutnya kan muncul laman login sistem sebagai beriku. Login menggunakan User dan Password yang sudah dibuatkan oleh UPT TIK sesuai format tersebut diatas pada laman
 
 3. Ketika berhasil login, maka identitas akan muncul di sistem. Selanjutnya, muncul menu “Mahasiswa” pada Header sistem. dari menu “Mahasiswa” inilah layanan akademik secara online akan diperoleh. silahkan klik menu “mahasiswa”. sebelumnya pastikan tahun akademiknya gasal 18/19
 
4. berikut ini menu yang ditampilkan sebagai mahasiswa. langkah awal adalah merubah  password untuk keamanan account sikadu.
 
5. berikut ini laman untuk mengganti password. masukkan password lama=tanggal lahir (MMDDYYYY) selanjutnya masukkan password barunya. Password harus terdiri dari minimal 6 karakter, tidak boleh ada spasi. Sebaiknya menggunakan kombinasi huruf dan angka, atau huruf besar dan kecil.
 
6. setelah berhasil ganti password, kembali lagi ke menu utama mahasiswa dengan mengklik menu mahasiswa
 
 7. dari menu “mahasiswa” tersebut akan ada layanan (1) Biodata Pribadi, (2) History Nilai, (3) Input Rencana Mahasiswa, (4) Lihat Nilai Hasil Studi, (5) Pemesanan MK Antara, (6) Pemesanan PPL (7) Rekap Nilai, dan (7) Ubah Pasword . silahkan klik menu “Input Rencana Mahasiswa”
 
 8. karena belum ada KRS yang diinputkan maka tampilannya seperti gambar dibawah ini. silahkan klik tombol “MK PRODI”
 9. Selanjutnya akan muncul seluruh matakuliah prodi. dalam hal ini mahasiswa harus teliti dalam memilih mata kuliah yang akan diambil (HARUS SESUAI DENGAN ROMBEL YANG SUDAH DITETAPKAN). matakuliah yang dimunculkan dalam bagian ini adalah matakuliah seluruh rombel yang ada dalam prodi tersebut, baik satu angkatan maupun angkatan yang lama. supaya mahasiswa konsisten pada pilihan rombel yang sudah ditetapkan ketika mengambil matakuliah (tinggal Klik “ambil” pada sisi sebelah kanan layar) mahasiswa harus berpatokan pada “keterangan” yang ada pada sisi sebelah kiri layar. silahkan klik tombol “ambil” pada matakuliah yang sudah terpilih. Untuk memudahkan matakuliah yang diambil, saudara bisa menggunakan bantuan Pencarian pada browser dengan menekan tobol “Ctrl+F” secara bersamaan selanjutnya ketikkan nama rombel sesuai di kolom keterangan pada form pencarian dan nama MK sesuai rombel akan ditemukan.
 10. ketika matakuliah yang dipilih diambil (klik tombol “ambil”) otomatis matakuliah tersebut akan muncul pada kolom Rencana Studi Mahasiswa. idealnya jika pengambilan matakuliah benar ada keterangan dibawah kolom Rencana Studi Mahasiswa bahwa: Pengisian KRS berhasil.
 11.  jika muncul peringatan ada tumbukan, kemungkinan besar mahasiswa tersebut salah mengambil satu atau beberapa matakuliah yang bukan rombelnya. jika hal tersebut terjadi, bisa direvisi dengan menghapus matakuliah yang bentrok tersebut dengan klik tombol “Hapus” pada daftar mata kuliah di kolom kolom Rencana Studi Mahasiswa. selanjutnya ambil lagi matakuliah yang dirasa betul pada kolom mata kuliah prodi seperti pada langkah poin 9.
 12.  jika saudara menemukan permasalahan seperti tumbuk jam perkuliahan, tumbuk ruang, jumlah peserta penuh dan lain-lain segera hubungi petugas prodi atau staff IT Pascasarjana Unnes.

C. Lain-Lain;

  1. Layanan Akademik Mahasiswa di Sikadu bisa aktif setelah mahasiswa melakukan Registrasi  administratif ( pembayaran SPP, SPL, Sardik dan lain-lain), ketika mahasiswa tidak melakukan registrasi administratif atau dinyatakan Lulus, maka layanan akademik mahasiswa di Sikadu otomatis terhenti dengan sendirinya;
  2. Sebelum melakukan Pengisian KRS, alangkah baiknya mahasiswa konsultasi ke Pengelola Program Studi dan Dosen Wali tentang matakuliah yang kan diambil;
  3. Sistem perkuliahan Pascasarjana Unnes adalah Sistem Paket. Mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil matakuliah yang sudah ditentukan pada semester tersebut dan tidak diijin mengambil matakuliah semester atasnya tanpa seizin pengelola program studi. jika ada matakuliah yang tidak memenuhi syarat (tidak lulus/E) mahasiswa diperbolehkan mengulang pada semester berikutnya;
  4. Seluruh Kegiatan Akademik di Sikadu ada jadwal dan rentang pelaksanaannya.  pelaksanaan kegiatan akademik di sikadu diluar jadwal dan rentang yang sudah ditentukan tidak dilayani oleh sistem. untuk itu mahasiswa DIWAJIBKAN selalu memantau jadwal kegiatan akademik pada kalender akademik, pengumuman-pengumuman melalui Website (akademik.unnes.ac.id atau pps.unnes.ac.id) atau pengumuman di baliho dan papan pengumuman Pascasarjana Unnes;
  5. dalam keadaan yang mendesak, pengumuman dilakukan melaui sms gateway Pascasarjana Unnes, Telegram, ataupun Whatshapp. untuk itu agar biodata yang ada dalam Sikadu adalah biodata yang sebenarnya. jika ada salah biodata, mahasiswa bisa menghubungi Petugas IT Pascasarjana Unnes untuk pembetulannya;
  6. Informasi lain bisa hubungi bagian akademik Pascasarjana Unnes Telp. (024) 8440516 atau via email: pps@unnes.ac.id.
  7. link video panduan penggunaan Sikadu —-> klik disini

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*