Kegiatan Konservasi di Kampus Pascasarjana UNNES

Kegiatan Konservasi di Kampus Pascasarjana UNNES

No

Nama Kegiatan Pelaksanaan Foto Kegiatan

1

Penanaman pohon (buah-buahan: jambu, mangga, jeruk dll dan tanaman keras: mahoni dll) 3 oktober 2020

2

Pembuatan tandon air hujan (di gedung C lantai 3 ada 2 buah 2 @ 5000 liter) Juli 2020

3

Pembuatan sumur resapan

1.       Samping sisi barat

2.       Samping gedung B-C

3.       Samping gedung A

Mei 2020

4

Pembuatan biopori di halaman parkir sisi barat Nopember 2020

5

Pembuatan vertikal garden Nopember 2020

6

Pembuatan taman halaman depan gedung A Samping ATM Oktober 2020

 

Deskripsi

Kegiatan konservasi di kampus Pascasarjana UNNES.

  1. Kegiatan penanam

Pada hari jumat tanggal 3 oktober segenap warga Pascasarjana sarjana UNNES mengikuti kegiatan penanaman pohon. Kegiatan dilakukan di lingkungan kampus Pascasarjana sarjana, yaitu di samping gedung B dan C dan sekitar tempat parkir.  Pohon yang ditanam adalah tanaman keras: mahoni, jati,  dan tanaman buah-buahan : rambutan, alpokat, jambu dan kelengeng. Kegiatan dilakukan sejak pukul 6 sampai pukul 11 siang, dan setelah jumatan sekitar pukul 14, penanaman dilanjutkan oleh tenaga klining service. Kegiatan penanaman merupakan perwujudan dari visi UNNES berwawasan koservasi, juga sekalgus untuk meningkatkan kepedulian warga Pascasarjana, selain itu juga  untuk meningkatkan kebugaran tubuh (dengan menanam di halaman terbuka, ada sinar matahari). Pada waktu yang sama  mahasiswa dianjurkan menanam di lingkungan masing-masing.

  1. Kegiatan Menampung air Hujan dengan Tandon Air

Warga Pascasarjana UNNES, dalam rangka mendukung visi berwawasan konservasi, melakukan berbagai kegiatan yaitu pembuatan tanam dan vertical garden, pembuatan tandon air untuk menampung air hujan atau rain harwesting, pembuatan sumur resapan, membuat bio pori.

Pembuatan tandon air, dengan maksud untuk memanen air hujan atau rain water harvesting (RWH). RWH adalah sistem menampung atau memanen air hujan secara lokal  dengan berbagai teknologi untuk kebutuhan masa depan. Dalam rangka mendukung konservasi, Pascasarjana UNNES membuat penampungan air hujan di letakkan di lantai 3 gedung C.

  1. Kegiatan Membuat Sumur Resapan dan Lubang Resapan Biopori

Kebutuhan air semakin banyak, sementara resapan aair semakin berkurang. Dalam rangka memberikan sumbangan terhadap luasan resapan, Pascasarjana UNNES, membuat sumur resapan dan lubang resapan biopori. Kedua bentuk resapan tersebut untuk menampung air hujan atau air permukaan secara buatan. Sumur resapan bermanfaat untuk menduung ketersediaan air baku, yang disebabkan oleh semakin banyak kebutuhan air, selain itu ketersediaan air baku sangat rentan terhadap peristiwa perubahan iklim. Sumur resapan dibuat di tiga titik, yaitu di samping gedung A, diantara gedung B dan C, dan di sebelah barat Gedung C. Sedangkan Lubag  Resapan biopori (LRB), dibuat di beberapa lokasi, diantaranya adalah di halaman depan, halaman parkir dan halaman belakang. LRB memiliki multi guna atau bermanfaat ganda, yaitu untuk mencegah banjir, menjadi tempat sampah organik,   menyuburkan tanah, meningkatkan kualitas air tanah.

  1. Taman dan Vertikal Garden

Taman dan vertical garden, merupakan taman yang memiliki banyak manfaat. Vertical garden adalah teknologi taman, merupakan sebuah teknologi yang mampu mengurangi efek polusi udara, menurunkan temperatur ruang secara langsung, dapat menjadi sebuah srtategi terbaru dalam mengurangi efek dari fenomena Urban heat island. Walaupun masih sangat terbatas luasannya, Pascasarjana UNNES berpartisipasi mewujudkan vertical garden., yaitu terletak di halaman sisi barat gedung C.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*