Mahasiswa Program Doktor Pascasarjana UNNES Submit Bersama ke Jurnal Internasional Bereputasi

Jumat, 22 Juli 2022 dua pulu lima mahasiswa Program Doktor dari delapan prodi melakukan submit artikel bersama ke jurnal internasional bereputasi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Bidang Akademik Pascasarjana UNNES. Submit Bersama ini merupakan salah satu dari rangkaian Program Pendampingan Manuskrip bagi Mahasiswa Program Doktor. Proses pendampingan berlangsung selama tiga bulan, mulai pendaftaran peserta, coaching manuskrip, pendampingan manuskrip oleh tim reviewer, revisi manuskrip, pengecekan Turnitin, proofreading, dan layout sesuai dengan pedoman jurnal yang dituju. Wakil Direktur Bidang Akademik, Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum yang membuka acara Submit Bersama ini memotivasi Para Mahasiswa bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong percepatan mahasiswa Program Doktor dalam melakukan publikasi ilmiah pada jurnal internasional bereputasi. Beliau menyampaikan pentingnya publikasi bagi mahasiswa Program Doktor sebagai salah satu syarat ujian disertasi di Pascasarjana UNNES. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk fasilitas dan upaya yang berdampak positip terhadap percepatan lulus studi tepat waktu bagi mahasiswa Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Kegiatan pendampingan ini dikoordinatori oleh Prof. Dr. Dyah Rini Indriyanti, MP. dan Prof. Dr. Hadromi dari Gugus Publikasi Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Kegiatan pendampingan ini melibatkan pakar-pakar jurnal, yaitu Dr. Parmin, M. Pd (Chief Editor Jurnal JPII, terindek Scopus Q2) dan Dr. Suharto, S. Pd., M. Hum (Chief Editor jurnal Harmonia, terindek Scopus Q1), Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Arif Widiyatmoko, S. Pd., M. Pd., Ph.D, dan Maria Ayu Puspita, S.Hum., M.A. Proses pendampingan melibatkan 11 reviewer sesuai dengan kepakaran dibidang masing masing.

Kegiatan ini telah dimulai pada 17 Mei 2022 dengan 100 naskah artikel yang dikirim oleh Mahasiswa Program Doktor. Setelah dilakukan review ada 48 naskah yang siap didampingi. Pada agenda Submit Bersama 22 Juli 2022, ada 25 naskah yang berhasil disubmit ke berbagai jurnal internasional bereputasi dan 12 naskah dalam proses penyelesaian untuk submit. Kegiatan Submit Bersama ini diselenggarakan secara hybrid (daring-luring) dengan menggunakan fasilitas Smart Class Pascasarjana UNNES lengkap dengan Interaktif smart board dan kamera frame otomatis yang memungkinkan melakukan deteksi seseorang yang aktif berbicara di dalam ruangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*