Pascasarjana UNNES dan Universiti Putra Malaysia berkolaborasi Kegiatan Akademik dan Penelitian.

Kulalumpur – Mahasiswa KKL Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan kunjungan ke Universiti Putra Malaysia (UPM) dalam rangka Studi Internasional Internship, Rabu (6/3/19).

Dalam kunjungannya, 45 mahasiswa yang diampingi oleh Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum sebagai Kordinator Magister Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UNNES, dan Lulu April Farida, S.Pd, M.Pd, sebagai gugus Kerjasama  internasional Pascsarjana UNNES disambut baik oleh Prof. Dr. Adi Yasran sebagai perwakilan UPM di Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi. Kegiatan mahasiswa adalah kuliah umum di ruang pertemuan Fakulti Bahasa Moden dan Komunikasi UPM.

Prof. Dr. Adi Yasran yang dipercaya sebagai narasumber memberikan kuliah umum melalui artikelnya berjudul “Hubungan Bahasa Arab Melayu Berdasarkan Surat Perjanjian Wakaf Masyarakat Melayu Mekah”. Pembahasaan ini mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa KKL berupa pertanyaan dan tanggapan. Kolaborasi antara UNNES dan UPM dalam bidang penelitian, Adi Yasran juga menjelaskan format jurnal Mahawangsa dan Jurnal Pertanika dari UPM, dengan tujuan agar mahasiswa UNNES dapat mempublikasikan artikelnya. Hasilnya, diantara mahasiswa menawarkan topik penelitian yang berbeda-beda untuk dipublikasikan seperti critikal discourse analysis, linguistik forensik, sastra tradisional, dan semantik.

Kuliah umum ini merupakan satu bentuk kerja sama UNNES dan UPM dalam rangka mengoptimalisasi bidang penelitian linguistik Indonesia dan Malaysia. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Zaitul Azma sebagai Kordinator magister departemen bahasa Malayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM beserta stafnya. Output dari kegiatan ini adalah pertama, eksplorasi peluang untuk kolaborasi pada kegiatan akademik dan penelitian antara magister pendidikan bahasa Indonesia, pascasarjana, UNNES dan magister departemen bahasa Melayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM.

Kedua, kolaborasi internasional antara magister pendidikan bahasa Indonesia, pascasarjana, UNNES dan magister departemen bahasa Malayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM. Tindak lanjut dari kemitaraan adalah meningkatkan kolaborasi internasional antara magister pendidikan bahasa Indonesia, pascasarjana, UNNES dan magister departemen bahasa Malayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM. Kemitraan ini diwakili dan dipertanggungjawabkan oleh Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum sebagai kordinator magister prodi pendidikan bahasa Indonesia, pascasarjana, UNNES, dan Prof. Dr. Zaitul Azma sebagai Kordinator magister departemen bahasa Malayu, fakulti bahasa moden dan komunikasi, UPM.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*