Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Berdampak Pada Motivasi Kerja Guru

Tugas guru erat kaitannya dengan peningkatan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan , oleh karena itu perlu upaya -upaya  untuk meningkatkan mutu guru untuk menjadi tenaga profesional, agar peningkatan  mutu pendidikan  dapat berhasil. Menjadikan guru sebagai tenaga profesional maka perlu diadakan pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan, dan menjadikan guru sebagai tenaga kerja perlu diperhatikan , dihargai dan diakui keprofesionalannya. Dengan demikian pekerjaan guru bukan semata-mata pekerjaan pengabdian , namun guru adalah pekerja profesional seperti pekerjaan yang lain misalnya akuntan , pengacara, pengusaha, dosen ,dokter dan sebagainya, demikian ungkapan Soepardjo di depan sidang Ujian Promosi Doktor di PPs Unnes

Suami dari Dra. Hj. Samsiswanti mengatakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau membuktikan:  (1)  ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi sekolah , perilaku kepemimpinan, dan kompetensi pedagogik ,terhadap motivasi kerja guru SMA Negeri di Kabupaten Karanganyar. (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi sekolah , perilaku kepemimpinan, dan kompetensi pedagogik  baik secara langsung maupun tidak langsung ( melalui motivasi kerja) terhadap kinerja. (3)  ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan budaya organisasi sekolah , perilaku kepemimpinan, dan kompetensi pedagogik  baik secara langsung maupun tidak langsung ( melalui motivasi kerja  dan kinerja) terhadap kepuasan kerja.

Disertasi dengan judul Pengaruh  Budaya Organisasi, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Kerja, Kinerja, dan Kepuasan Kerja Guru SMA Kabupaten Karanganyar.berhasil dipertahankan di depan tim penguji yang terdiri Promotor : Prof. Dr. Madyo Ekosusilo, M.Pd. Kopromotor : Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc ., Anggota Promotor:  Dr. Titi Prihatin, M.Pd. ,Penguji Luar : Prof. Dr. Husaini Usman, M.Pd., M.T. , Penguji Dalam : Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd  dan dinyatakan lulus sebagai Doktor ke 101 lulusan Unnes, ke 73 lulusan Prodi manajemen Kependidikan Unnes dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan.

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*