Main Menu

Info Pendaftaran

halaman download

Link Fakultas

Link Lembaga

Beasiswa Unggulan untuk Tenaga Kependidikan dan Calon Dosen dari Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIKTENDIK), DIKTI.
Ditulis oleh Ahmad Mundzir   
Selasa, 26 April 2011 09:30

kami informasikan kepada seluruh peserta SPMU Gelombang I tahun 2011, telah dibuka pendaftaran Beasiswa Unggulan untuk Tenaga Kependidikan dan Calon Dosen dari Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan (DIKTENDIK), DIKTI.

Pendaftaran dilaksanakan secara online pada http://beasiswa.dikti.go.id/bu sampai tanggal 31 MEI 2011

Dalam upaya meningkatkan kualifikasi Surnber daya manusia di berbagai Perguruan Tinggi, balk PTN maupun PTS di Indonesia, pada tahun anggaran 2011 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menawarkan Program Beasiswa Unggulan (BU) yang diperuntukkan bagi tenaga kependidikan dan calon Dosen  perguruan tinggi. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akademis tenaga kependidikan dan calon dosen dalam memenuhi kualifikasi unggul. Program ini diperuntukkan bagi: (1) lulusan terbaik perguruan tinggi untukberkarier sebagai calon closen, dan (2) tenaga kependidikan berprestasi yang akan meningkatkan kualifikasi sesuai togas dan fungsinya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan ini perlu disampaikan hal-hal sebagai berikut :
  1. BU terdiri dari dari 2 kategori, yaitu:
    1. BU Dalam Negeri, diperuntukan bagi calon penerima beasiswa yang akan melanjutkan studi pascasarjana di PT Dalam Negeri penyelenggara BPPS pada bidang studi yang ditetapkan
    2. BU Luar Negeri, diperuntukan bagi calon penerima beasiswa yang akan melanjutkan studi pascasarjana di PT Luar Negeri pada bidang studi yang ditetapkan.
    3. Karakteristik dari masing- masing kategori dapat dilihat pada panduan terlampir; klik di sini
  2. Bidang keilmuan strategis BU untuk calon dosen pada tahun anggaran 2011 adalah bidang: ilmu pertanian, pendidikan kejuruan dan PAUD; ilmu kesehatan dan keperawatan, ilmu teknik, bahasa daerah dan bahasa internasional, MIPA dan pendidikan MIPA, kesenian dan budaya, olah raga, serta manajemen kebencanaan.
  3. Bidang keilmuan strategis BU untuk tenaga kependidikan pada tahun anggaran 2011 adalah: hubungan internasional, komunikasi, dan perpustakaan; akuntansi pemerintahan dan keuangan forensik, manajemen pendidikan tinggi, serta legal drafting
  4. Syarat umum dari calon yang berminat mengikuti BU ini meliput:
    1. Tenaga kependidikan dan calon dosen di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), yaitu:
      • Calon dosen yang akan mengabdi dan memiliki kontrak kerja pada perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Pemerintah di bawah pembinaan Kemendiknas. Form kontrak kerja dapat dilihat pada Panduan; klik di sini
      • Calon dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan    oleh masyarakat dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Calon dosen yang mempunyai kontrak kerja akan mengabdi di Perguruan tinggi yang diselenggarakan di lingkungan Kemendiknas. Form kontrak kerja dapat dilihat pada Panduan. klik di sini
        2. Tidak berstatus sebagai calon pegawai negeri (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS),
    2. Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendiknas:
      • Tenaga kependidikan yang berstatus sebagai pegawai negeri  sipil di lingkungan Kemendiknas;
      • Tenaga kependidikan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Tenaga kependidikan yang diangkat oleh penyelenggara perguruan tinggi swasta,
        2. Sudah mempunyai Nomor Induk Kepegawaian (NIK) Yayasan,
        3. Tidak berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS),
    3. Calon penerima Beasiswa Unggulan diusulkan oleh Pimpinan Lembaga minimal eselon II di lingkungan Kemendiknas atau pimpinanperguruan tinggi.
    4. Peserta tenaga kependidikan dan calon dosen:
      •  Indek Prestasi KumUlatif (IPK): Lulusan SI 3,0 untuk calon yang akan melanjutkan ke program S2, dan IPK 3,25 untuk lUlUsan S2 yang akan melanjutkan ke program S3.
      • Usia: maksimal 38 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 40 tahun untuk calon yang akanmelanjutkan S3.
      • Sudah diterima di program studi PT penyelenggara, yang dibuktikan dengan surat penerimaan.
  5. Persyaratan khusus calon penerima beasiswa Unggulan luar negeri:
    1. Lulus seleksi yang diadakan oleh Tim Seleksi yang dibentuk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi;
    2. Memiliki surat penerimaan tanpa syarat (unconditional Letter of Acceptance) dari PT Luar Negeri yang memiliki ranking dunia.
    3. Memiliki sertifikat bahasa Inggris (minimal IELTS 6.0 ataupun TOEFL iBT 87) ataupun sertifikat bahasa lainnya sesuai dengan perguruan tinggi luar negeri tujuan.
  6. Tahapan seleksi diawali dengan seleksi administrasi. Sebagai bagian dari seleksi administrasi, calon penerima BU harus mendaftar pada Program Pascasarjana Penyelenggara BU bagi BU Dalam Negeri ataupun memperoleh LoA dari Universitas ranking dunia bagi BU Luar Negeri. Selanjutnya calon penerima harus mendaftar secara online ke laman http://beasiswa.dikti.go.id/bu; dan menyampaikan berkas lamaran kepada Dikti. Peserta yang lolos seleksi administrasi, bila dianggap perlu, akan diundang untuk wawancara (dalam bahasa Inggris) yang merupakan bagian dari proses seleksi.
  7. Komponen biaya yang diberikan adalah: (a) biaya hidup (standar Dikti); (b) biaya buku (standar Dikti); (c) asuransi kesehatan (at cost); (d) biaya pendidikan (tuition fee) (at cost); (e) perjalanan dengan pesawat pp kelas  ekonomi (BU Luar Negeri) (at cost). Detil komponen biaya BU dapat dilihat pada Panduan. klik di sini
  8. Seluruh berkas lamaran paling lambat diterima dikti tanggal 31 Mei 2011, dikirim ke alamat: Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Pendidikan Tinggi, Gedung D, Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman, Pintu I- Senayan, Jakarta.
  9. Keberangkatan dan Pelaksanaan Beasiswa Unggulan harus dilaksanakan sekitar Juli-Pertengahan Desember 2011.

 
 
Terakhir Diperbaharui ( Jumat, 29 April 2011 11:51 )