Home » » Manajemen Kependidikan S3

Manajemen Kependidikan S3

Monday, 5 December 2011 | 1:07

DASAR HUKUM

  1. Surat Dirjen Pendidikan Tinggi No: 1365/D/T/2005 tanggal 10 Mel 2005, telah dibentuk Program Doktor Manajemen Pendidikan S-3.
  2. Surat Dirjen Dikti Nomor : 449/D/T/2007 tanggal 7 Maret 2007 tentang perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi Manajemen Pendidikan S-3.
  3. Surat Dirjen Dikti Nomor : 2909/D/T/K-N/2010 tanggal 9 juli 2010 tentang perpanjangan ijin program studi Manajemen Kependidikan S-3 di Universitas Negeri Semarang

Visi

Program Doktor Manajemen Kependidikan yang handal dengan integritas kepribadian tinggi; dilandasi nilai-nilai Pancasila; berwawasan mass depan; memperhatikan azas keserasian, keseimbangan, dan keselarasan antara wawasan global, regional, nasional, dan lokal; menjunjung tinggi kode etik profesi; dan cinta pads almamaternya dengan berbasis konservasi

Misi

Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dalam suasana akademik edukatif, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang luhur berdasarkan prosedur yang rasional, transparan baku, efektif efisien dan akuntabel.

Tujuan

  1. Mengembangkan konsep barn melalui penelitian di bidang kependidikan khususnya manajemen kependidikan;
  2. Menghasilkan tenaga-tenaga calon dosen dalam bidang manajemen kependidikan yang mampu mengajarkan matakuliah-matakuliah dalam bidangnya pads strata dua (S2) atau di bawahnya pads lembaga pendidikan yang bersangkutan atau lainnya yang mempersyaratkan salah satu atau lebih mats kuliah dalam bidangtersebut
  3. Menyiapkan tenaga-tenaga profesional di lapangan yang mampu memimpin dan mengelola satuan-satuan pendidikan tinggi (Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, Ketua. jurusan, Ketua. Lembaga Penelitian Pendidikan), pendidikan menengah dan dasar, pendidikan luar sekolah, dan pemimpin unit-unit kerja/lembaga yang ada atau dibutuhkan dalam sistem pendidikan nasional.
  4. Meningkatkan mute akademik atau profesional pejabat pendidikan yang memilild kualifikasi kepribadian sebagai berikut:
    • Memilild Integritas kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, etika/moral, kejujuran ilmiah, bersifat terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan masalah yang dihadapi masyarakat sesuai dengan keahlianya.
    • Mampu berperan aktif dalam penyelesaian masalah manajemen dan kepemimpinan pendidikan atau profesinya pads tingkat regional, nasional dan internasional, sehingga mampu memberikan dukungan bagi pembangunan bangsa dan bermanfaat bag! umat manusia pada umumnya.
    • Menjunjung kode etik profesi dan memilild kebanggaan serta kecintaan pada almamaternya.
    • Memilild profesionalitas (bangga pads pekerjaanya, menunjukan komitmen profesional terhadap kualitas, bertanggungjawab besar, dapat mengantisipasi sehingga dapat berinisiatif, menyelesaikan tugas secara tuntas dan ikut terlibat dalam berbagai tugas di luar perannya, ingin terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dan pelayanannya, mendengarkan kebutuhan pelanggannya, dan menjadi pemain yang baik dalam satu tim, dapat dipercaya, jujur, terus terang, loyal dan terbuka terhadap, kritik yang konstruktif, Berta bersedia meningkatkan dan menyempurnakan dirinya).
    • Mampu melakukan pendekatan interdisipliner bagi penerapan keahlianya secara profesional

KURIKULUM

Kurikulum Program Doktor Manajemen Kependidikan meliputi mats kuliah yang terdiri atas 48 SKS termasuk disertasi dengan penjabaran (dalam semester) sebagai berikut:

Pra-Semester (Matrikulasi)
1 Manajemen Kependidikan

0 sks

2 Penelitian Manajemen Kependidikan

0 sks

3 Statistik Non Parametrik

0 sks

4 Penulisan Karya Tulis Ilmiah

0 sks

Semester I
1 Filsafat Ilmu dan Manajemen Kependidikan 3 sks
2 Disain Penelitian dan Analisis Data

3 sks

3 Ekonomi Pendidikan

3 sks

4 Pengembangan Somber Daya Manusia Pendidikan

3 sks

Semester II
1 Pengembangan Kepribadian Kepemimpinan

3 sks

2 Sistem Manajemen Mutu Pendidikan

3 sks

3 Analisis Kebijakan Pendidikan

3 sks

4 Manajemen Pendidikan Multikultural & Kontemporer

3 sks

5 Difusi dan Inovasi Pendidikan

3 sks

Semester III
1 Manajemen Strategik Pendidikan

3 sks

2 Perilaku organisasi Pendidikan

3 sks

3 Seminar Rancangan Disertasi

3 sks

Semester IV
1 Disertasi

: 12sks

Diunggah oleh: Ahmad Mundzir