Home » » Pendidikan Bahasa Inggris, S3

Pendidikan Bahasa Inggris, S3

Monday, 4 January 2016 | 10:11

DASAR HUKUM

  1. Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No: 3741/D/T/2006 tanggal  28 September 2006 tentang Ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa jenjang program doktor (S3) Universitas Negeri Semarang, dan No. 2434/D/T/2008 tanggal 4 Agustus 2008 tentang perpanjangan ulang ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa strata tiga (S3) pada Universitas Negeri Semarang.
  2. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 008/BAN-PT/Ak-XI/S2/VII/2012 tanggal 19 Juli 2012 Tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi B Program Doktor Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Semarang. 

VISI

Sebagai pusat keunggulan (center of excellence) yang menghasilkan tenaga kependidikan jenjang S3 bidang studi pendidikan bahasa Inggris yang mampu mengajar secara professional, meneliti untuk mengembangkan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para stakeholders, serta mengabdi pada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat madani yang berakar pada budaya nusantara dan yang mampu mensejajarkan diri dalam kancah akademik pada tataran global.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan jenjang S3 pendidikan bahasa Inggris yang menghasilkan lulusan yang (a) memiliki kompetensi yang sesuai dengan gelar yang dimilikinya (S3)  sehingga mampu mengajar bahasa Inggris dan calon dosen di tingkat S2, dan (b) mampu berpartisipasi dalam dunia pendidikan bahasa Inggris dengan menyumbangkan pikiran serta memberikan solusi bagi berbagai persoalan yang timbul;
  2. Menyelenggarakan penelitian, menghasilkan karya ilmiah, menyebarluaskan karya ilmiah melalui publikasi jurnal ilmiah dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan serta menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan paradigma yang relevan dengan Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Inggris;
  3. Memberikan pelayanan pada masyarakat dalam bentuk kerjasama, konsultasi yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Inggris.

TUJUAN

Hasil belajar khusus yang diharapkan dimiliki oleh para lulusan adalah:

  1. Memiliki pemahaman mendalam hubungan antara filosofi dan paradigma bahasa (sebagai semiotika sosial) dan pembelajaran bahasa dengan constructs yang berada di tataran abstraksi yang lebih rendah seperti bahasa sebagai alat komunikasi, kompetensi komunikatif/kompetensi berbahasa, wacana, genre, teks, lexico-grammar. Paradigma ini yang mendasari Standar Isi 2006 (Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar tingkat SMP dan SMA di Indonesia) saat ini. Ilmu-ilmu tersebut sangat relevan dengan tuntutan jaman;
  2. Memiliki keterampilan pokok dalam merealisasikan atau “membumikan” ilmu-ilmu (kognitif) di atas lewat implementasi pendidikan bahasa yang didasari semangat konstruktivisme yang berakar dalam tradisi Socio-Cultural Theory yang juga dikenal dengan Neo-Vygotskian Psychology. Keterampilan professional yang paling ditekankan adalah kemampuan melakukan interaksi atau negosiasi dalam kelas bahasa dan menjadikan pelajaran sebagai pengalaman berbahasa, bukan belajar tentang bahasa. Interaksi atau negosiasi inilah yang menjadi kunci keberhasilan menuju kompetensi komunikatif sebagaimana di sebut dalam poin a) di atas;
  3. Memiliki academic confidence yang tinggi ketika terjun ke lapangan karena Program Studi Doktor Pendidikan Bahasa Inggris Unnes membekali lulusan dengan ilmu yang sangat relevan dengan situasi saat ini. Dengan rasa percaya diri ini diharapkan lulusan menjadi pemberi solusi yang baik. Dengan menjadi pribadi atau individu yang penolong, lulusan akan diterima di lingkungan sosialnya dan terutama lingkungan profesionalnya. 

KURIKULUM

NO.

NAMA MATAKULIAH

SKS

Semester I

 

1

Advanced Discourse Studies

3

2

Advanced Research Methods in Teaching English as a Foreign Language

3

3

Development of Language Studies

3

4

English Language Teaching Program Management & Evaluation

3

5

Language Philosophy

3

Semester II

6

Colloquium

3

7

Critical Review on Language Learning Research

3

8

English Curriculum Studies

3

9

English Literacy Education

3

10

English Teacher Education

3

11

Multilingualism in National Education

3

Semester III

12

Advanced Statistics in Teaching English as a Foreign Language *

3

13

Classroom Discourse *

3

14

Communication Studies *

3

15

Community-Based Teaching English as a Foreign Language *

3

16

Cultural and Conservation Studies *

3

17

Dissertation Proposal Writing

3

18

IT-Based Language Learning *

3

Semester IV

19

Disertasi

12

Keterangan: * = Mata Kuliah Pilihan

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING

 

  1. Prof. Dr. Januarius Mujiyanto, M.Hum
  2. Prof. Mursid Saleh, M.A., Ph.D.
  3. Prof. Dr. Warsono, M.A.
  4. Prof. Dr. Dwi Rukmini, M.Pd.
  5. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.
  6. Prof. Dr. Sukarno, M.Si.
  7. Prof. Dr. M. Sri Samiati Tarjana
  8. Drs. Ahmad Sofwan, Ph.D.
  9. Drs. Subur Laksmono Wardoyo, M.A., Ph.D.
  10. Drs. Hartoyo, M.A., Ph.D.
  11. Dr. Dwi Anggani Linggar Bharati, M.Pd.
  12. Dra. Helena IR Agustien, M.A., Ph.D.
  13. Dr. Abdurrachman Faridi, M.Pd.
  14. Dr. Djoko Sutopo, M.Si.
  15. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd.
  16. Dr. IssyYuliasri, M.Pd.
  17. Dr. Alim Sukrisno, M.A.
  18. Sri Wuli Fitriati, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
  19. Puji Astuti, S.Pd., M.Pd., Ph.D
Diunggah oleh: Ahmad Mundzir