Pendidikan Bimbingan Konseling, S3

DASAR HUKUM

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 941/E.E2/DT/2013 tanggal 13 September 2013, tentang Penugasan Pembukaan Program Studi S3 Pendidikan Bimbingan Konseling di Universitas Negeri Semarang

VISI

Visi Program Doktor (S3) Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES adalah “Menjadi Program Studi Pengembang Ilmu Bimbingan dan Konseling yang Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang bimbingan dan konseling yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional untuk menghasilkan tenaga ahli dalam bidang bimbingan dan konseling yang mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling melalui pendekatan inter, multi, atau trans-disipliner.
  2. Mengembangkan dan mengelola ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang bimbingan dan konseling melalui riset sehingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji yang berwawasan konservasi serta publikasi ilmiah bereputasi internasional.
  3. Menyebarluaskan dan memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, seni, dan peradaban di dalam bidang bimbingan dan konseling yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional melalui pendekatan inter, multi, atau trans-disipliner.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga pendidikan ternama di dalam maupun di luar negeri dan lembaga lain yang memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan serta menunjang penguatan kelembagaan Program Doktor (S3) Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES yang bereputasi internasional.
  5. Menyelenggarakan tata kelola Program Doktor (S3) Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung-jawab, dan adil untuk menjamin peningkatan kualitas berkelanjuatan.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan tenaga ahli (ilmuwan) yang kompeten dalam bidang bimbingan dan konseling yang (1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik, dalam menyelesaikan tugasnya, (2) memiliki kemampuan level 9 sesuai Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) khususnya bidang ilmu Bimbingan dan Konseling (rincian kompetensi di uraikan di standar 5: kurikulum), (3) berkebudayaan unggul melalui upaya pelestarian dan pengembangan nilai, pengetahuan dan keyakinan berwawasan konservasi, (4) bereputasi nasional dan internasional.
  2. Menghasilkan karya-karya kreatif, original, dan teruji berbasis riset dalam bidang bimbingan dan konseling yang bermanfaat bagi  ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional yang berwawasan konservasi.
  3. Menyebarluaskan karya limiah yang kreatif, original, dan teruji serta memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, seni, dan peradaban di dalam bidang bimbingan dan konseling yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional melalui pendekatan inter, multi,atau trans disipliner.
  4. Menghasilkan kinerja Program Doktor (S3) Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES yang kredibel, akuntabel, transparan, bertanggung-jawab, dan adil  untuk menjamin peningkatan kualitas tri dharma perguruan tinggi di bidang bimbingan dan konseling secara berkelanjuatan.
  5. Menghasilkan kerjasama program studi dalam menunjang penguatan kelembagaan Program Doktor (S3) Pendidikan Bimbingan dan Konseling Pascasarjana UNNES yang bereputasi internasional.

KURIKULUM

NO.

NAMA MATAKULIAH

SKS

Semester I

 

1

Filsafat Ilmu

2

2

Inovasi Pendidikan

3

3

Konseling Individual

3

4

Konseling Keluarga

3

5

Cyber Konseling

3

Semester II

6

Metode Penelitian Pendidikan

4

7

Konseling Kelompok

3

8

Konseling Karier

3

9

Konseling Multikultural

3

10

Konseling Keagamaan

3

Semester III

11

Seminar Proposal

2

12

Kajian Mandiri

2

13

Manajemen Binbingan Dan Konseling *

2

14

Pengembangan Laboratorium Bimbingan Dan Konseling *

2

15

Tes dan Pengukuran Dalam Bimbingan Dan Konseling *

2

16

Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling *

2

17

Bimbingan dan Konseling Untuk Populasi Khusus *

2

Semester IV

18

Disertasi

12

Keterangan:

* = Mata Kuliah Pilihan  

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING

  1. Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd. Kons.
  2. Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd. Kons
  3. Prof. Dr. Sugiyo, M.Si
  4. Prof. Dr. Ahman, M.Pd.
  5. Prof. Drs. Lobby Loekmono, Ph.D.
  6. Prof.Dr.Achmad Slamet, M.Si
  7. Prof.Dr.Rustono,M.Hum
  8. Prof. Dr. Samsudi, M.Pd.
  9. Prof. Dr. Maman Rahman. MPd.
  10. Prof. Dr.ret.nat. Wahyu Hardiyanto, M.Si.
  11. Prof. Dr. Susanto, M.Pd
  12. Prof. Dr. Totok Sumaryanto F., M.Pd.
  13. Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd.
  14. Dr. Edy Purwanto, M.Si.
  15. Sunawan,M.Pd.,Ph.D
  16. Mulawarwan,M.Pd.,Ph.D
  17. Dr. Sayekti, M.Pd.
  18. Dr. Moh. Djafar, M.Si.,Kons.
  19. Dr. Djuniadi, MT.