Pendidikan Kimia, S2

DASAR HUKUM

Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia Nomor 47/KPT/1/2015 Tanggal 20 Januari 2016 Tentang Pembukaan Program Studi Pendidikan Geografi Program Magister, Program Studi Pendidikan Kimia Program Magister, dan Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana pada Universitas Negeri Semarang di Semarang

VISI

Menjadi program studi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional,  unggul dalam pengembangan ilmu kimia dan pembelajarannya, serta kuat dalam penguasaan teknologi informasi terkini.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pengajaran dan penelitian bidang pendidikan kimia  dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam rangka peningkatan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyiapkan tenaga akademik di bidang pendidikan kimia yang kuat dalam penguasaan pengetahuan (mastery) kimia, unggul dalam penguasaan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dengan tetap memperhatikan nilai-nilai karakter dan perilaku konservasi serta pelestarian budaya lokal.
  3. Menyiapkan tenaga akademik di bidang pendidikan kimia yang mampu memecahkan permasalahan, serta berkemampuan dalam menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik berdasarkan etika akademik, serta melakukan penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi.
  1. Membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan kimia agar memiliki pola pikir yang kritis, kreatif, inovatif, disiplin, jujur, dan sportif.

TUJUAN

Prodi Magister Pendidikan Kimia UNNES bertujuan menghasilkan lulusan Magister Pendidikan Kimia (M.Pd)  yang  mampu:

  1. Menguasai dan menyebarluaskan pengetahuan kimia yang berorientasi peningkatan kualitas hidup, berkarakter, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Melakukan layanan profesi dengan penguasaan pengetahuan (mastery) kimia dan pembelajarannya dengan tetap memperhatikan nilai-nilai karakter dan perilaku konservasil.
  3. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mampu melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau international bereputasi.
  4. Mengambil keputusan secara mandiri ketika menghadapi masalah dalam konteks profesinya sebagai magister pendidikan kimia.
  5. Mengikuti perkembangan IPTEKS/TIK terkini, serta menguasai, mengelola, mengolah dan memanfaakan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) dalam konteks pendidikan dan penelitian interdisipliner atau multidisipliner pada pendidikan kimia.
  6. Memahami keunggulan lokal (kearifan lokal) yang potensial untuk dikembangkan dan dilestarikan dalam rangka suatu kegiatan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian untuk tujuan kesejahteraan/kemaslahatan masyarakat dan komunitas yang lebih luas.

KURIKULUM

NO. NAMA MATAKULIAH SKS
Semester 1
1 Teori belajar 2
2 Psikologi Kognitif 2
3 Struktur dan Kereaktifan Senyawa Anorganik 3
4 Struktur dan Kereaktifan Senyawa Organik 3
5 Statistik dan Olah Data 2
6 Pembelajaran Kimia Berbasis TIK 2
7 Etnosains dalam Pembelajaran Kimia* 2
8 Analisis Kimia Lingkungan* 2
Semester 2
1 Landasan kependidikan kimia 2
2 Kimia Kuantitatif 3
3 Pembelajaran Kimia Berbasis Kinetika dan Thermodinamika Kimia 3
4 Asesmen Pembelajaran 3
5 Metodologi Penelitian Pendidikan 2
6 Kajian Jurnal Internasional Pendidikan Kimia 2
7 Desain dan Implementasi Kurikulum Kimia 2
8 SETS dalam Pembelajaran Kimia 2
9 Bioteknologi* 2
10 Analisis Unsur Kelumit* 2
11 Proyek Kimia* 2
Semester 3
1 Inovasi Pembelajaran Kimia 2
2 Publikasi Karya Ilmiah 1
3 Seminar Proposal 1
4 Spektroskopi Molekul* 2
5 Material Anorganik* 2
Semester 4
1 Tesis 8

Keterangan: *= Mata Kuliah Pilihan

 

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING

Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si

Prof. Dr. Sudarmin, M.Si

Prof. Dr. Kasmadi Imam Supardi, M.S.

Dr. Sri Wardani, M.Si

Dr. Sri Wahyuni, M.Si.

Dr. Woro Sumarni, M.Si

Dr. Triastuti Sulistyaningsih, S.Si, M.Si

Dr. Sri Susilogati Sumarti, M.Si.

Dr. Sri Mursiti, M.Si.

Dr. Sri Haryani, M.Si

Dr. Sigit Saptono, M.Pd.

Dr. Nanik Wijayati, M.Si

Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si.

Dr. Jumaeri, M. Si.

Dr. F. Widhi Mahatmanti, S.Si, M.Si.

Dr. Antonius Tri Widodo

Dr. Endang Susilaningsih, M.S.

Cepi Kurniawan, S.Si., M.Si., Ph.d.

Sri Kadarwati, S.Si., M.Si., Ph.d.

Mohammad Alauhdin, S.Si. M.Si., Ph.d.