Home » » Pendidikan Matematika, S3

Pendidikan Matematika, S3

Monday, 4 January 2016 | 10:03

DASAR HUKUM

Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 486/E/0/2013 tanggal Dirjen Pendidikan Tinggi tanggal 18 Oktober 2013 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Doktor (S-3) Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Semarang .

VISI

MenjadiProgram Studi Pendidikan Matematika  yang unggul dan mandiri di bidang pendidikan matematika, serta berwawasan konservasi pada tahun 2025.

MISI

  1. Mengembangkan pengetahuan di bidang pendidikan matematika hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji yang berwawasan konservasi.
  2. Memecahkan masalah di bidang pendidikan matematika melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner.
  3. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia dan mengimplementasikan hasilnya.
  4. Melaksanakan kerjasama nasional dan internasional yang mendukung percepatan pencapaian visi.

TUJUAN

Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Matematika PPs Unnes adalah

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan matematika dan pengajarannya melalui penelitianpendidikan matematika hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji yang berwawasan konservasi.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang merupakan pemecahan permasalahan pendidikan matematika dan penerapannya melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner.
  3. Menghasilkan layanan masyarakat berdasarkan pengembangan penelitian di bidang pendidikan matematika yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia.
  4. Mendapatkan pengakuan baik secara nasional maupun internasional terhadap tindak lanjut pengembangan penelitian.

SASARAN

Sasaran Program Studi S3 Pendidikan Matematika PPs Unnes adalah

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan matematikayang kreatif, original, dan teruji yang berwawasan konservasi.
  2. Menghasilkan penelitian tentang permasalahan pendidikan matematika   sebagai pemecahan persoalan pendidikan matematika terkinidan sebagai penerapan melalui pendekatan inter, multi, atau transdisiplineryangberwawasan konservasi.
  3. Menghasilkan pengakuan baik secara nasional maupun internasional melalui publikasi hasil penelitian di bidang pendidikan matematika.
  4. Menghasilkan pengakuan secara nasional melalui pengabdian kepada masyarakat dari hasil penelitian di bidang pendidikan matematika.

KURIKULUM

NO.

NAMA MATAKULIAH

SKS

Semester I

 

1

Psikologi Kognitif Pendidikan Matematika

3

2

Filsafat Pend Matematika

2

3

Penelitian Pend Matematika Lanjut

3

4

Studi Perkembangan Pend Matematika

2

5

Studi Penerapan Matematika Terkini

2

6

Seminar dan Jurnal  1

3

Semester II

7

Statistika Penelitian Pend Matematika Lanjut

3

8

Studi Hasil Penelitian Pendidikan Matematika

3

9

Studi Perkembangan Matematika

3

10

Seminar dan Jurnal  2

3

Semester III

11

Seminar dan Jurnal  3

3

12

StudiPerbandinganKurikulum*

3

13

Studi Pembelajaran Matematika*

3

14

Studi Dinamik Asesmen*

3

15

Studi Sistem Manajemen Pendidikan Matematika*

3

Semester IV

16

Disertasi

12

Keterangan: * = Mata Kuliah Pilihan

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING 

  1. Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si
  2. Prof. Dr. Kartono, M.Si
  3. Prof. YL. Sukestiyarno, M.S, Ph.D
  4. Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd
  5. Prof. Drs. Nathan Hindarto, Ph.D
  6. Prof. Dr. Wiyanto, M.Si
  7. Prof. Dr. Supartono, M.S
  8. Prof. Dr. Ani Rusilawati, M.Pd
  9. Prof. Dr. Sri Wahyuni
  10. Prof. Dr. Widowati, M.Si
  11. Prof. Dr. Hartono, M. Pd
  12. Prof. Dr. Edy Cahyono, M. Si
  13. Dr. Rochmad, M.Si
  14. Dr. Dwijanto, M.Si
  15. Dr. Scolastika Mariani, M.Si
  16. Dr. Mulyono, M.Si
  17. Dr. Iwan Junaedi, M.Pd
  18. Dr. Nur Karomah Dwidayati, M.Si
  19. Dr. Isnarto, M.Si

 

Diunggah oleh: Ahmad Mundzir