Pendidikan Seni, S3

DASAR HUKUM

  1. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 525/E/0/2013 tanggal Dirjen Pendidikan Tinggi tanggal 25 Oktober 2013 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Doktor (S-3) Pendidikan Seni di Universitas Negeri Semarang .
  2. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 037/SK/BAN-PT/Ak-SURV/D/II/2015 Tanggal 24 Juli 2014 Tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi B pada Program Doktor Pendidikan Seni di Universitas Negeri Semarang

VISI

Menjadi program studi yang mampu mengembangkan sumber daya manusia berkualifikasi doktor kependidikan seni yang memiliki wawasan konservasi dan bereputasi internasional dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di bidang seni

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi berupa pelayanan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan seni untuk menjunjung tinggi suasana akademik dengan berwawasan nilai-nilai konservasi budaya.
  2. Menumbuhkembangkan berbagai gagasan pendidikan seni  yang kreatif dan inovatif, memperluas wawasan keilmuan pendidikan seni secara interdisiplin dan/atau  multidisiplin  secara mendalam dan menyeluruh menuju peningkatan kualitas profesi bidang pendidikan seni, dan  mengembangkan kurikulum pendidikan seni pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan yang relevan dengan perkembangan dan tuntutan perubahan zaman.
  3. Mencetak tenaga profesional pendidikan seni yang bereputasi internasional, melalui budaya penelitian dan pengabdian kepada pada masyarakat.
  4. Mengembangkan paradigma dan strategi pembelajaran seni pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan baik secara formal, nonformal, maupun
  5. Menyelenggarakan tata kelola administrasi dan fungsi satuan lembaga pendidikan seni dan nonpendidikan secara profesional dan proporsional.

 

TUJUAN

  1. Mempersiapkan tenaga profesional pendidikan seni yang berkemampuan akademik unggul dan berakhlak mulia dalam upaya memenuhi tuntutan kebutuhan peningkatan taraf hidup masyarakat;
  2. Menyediakan tenaga profesional pengembang program pendidikan dan pelatihan bidang pendidikan seni pada berbagai jenis dan jenjang di lingkungan departemen dan nondepartemen.
  3. Menghasilkan tenaga profesional yang memiliki kompetensi merancang, meningkatkan, mengembangkan dan mengevaluasi program pendidikan seni pada berbagai jenis dan jenjang pendidikan dalam upaya mewujudkan pendidikan seni yang berkualitas.
  4. Memproduksi tenaga profesional yang kompeten dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pendidikan, profesi bidang seni dan pendidikan seni yang berhasilguna dan berdayaguna agar dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat untuk peningkatan kualitas pendidikan;
  5. Melayani kebutuhan tenaga profesional bidang pendidikan seni yang diperlukan oleh masyarakat.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

 Sasaran yang ingin dicapai oleh Program Studi Pendidikan Seni S3 adalah dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Ahli secara akademik dalam kajian seni dan pendidikan seni;
  2. Profesional dalam mengembangkan pembelajaran seni dengan landasan kebijakan yang akuntabel di lembaga pendidikan formal, nonformal, dan
  3. Profesional dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan seni dan masalah-masalah sosio-budaya;
  4. Profesional dalam mengembangkan gagasan yang kreatif dan inovatif melalui media tulis di bidang pendidikan seni dan masalah-masalah sosio-budaya secara argumentatif dan komprehensif.
  5. Paham dan terampil dalam menggunakan teori dan konsep dalam bidang ilmu seni dan ilmu lain yang relevan untuk kepentingan mengkaji dan memecahkan masalah-masalah pendidikan seni dalam konteks sosio-budaya.

KURIKULUM

Semester I  SKS

1

Filsafat Ilmu

3

2

Metodologi Penelitian

3

3

Pemikiran dan Ideologi Pendidikan

3

Semester II

1

 Analisis Data dalam Pendidikan Seni

3

2

 Isu dan Paradigma dalam Pendidikan Seni

3

3

Teori-teori Lintas dan Interdisiplin dalam Pendidikan Seni

4

Semester III

1

Kajian Seni

3

2

Proyek Studi

3

3

Seminar Proposal Penelitian

4

Semester IV

1

Disertasi

12

DOSEN PEMBINA DAN PEMBIMBING

  1. Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, M.A.
  2. Prof. Dr. M. Jazuli, M.Hum.
  3. Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd.
  4. Prof. Dr. Tri Marhaeni, M.Hum.
  5. Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd.
  6. Prof. Dr. Wasino, M.Hum.
  7. Prof. Dr. Soesanto, M.Pd
  8. Prof. Dr. Suyahmo, M.Si
  9. Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc.
  10. Prof. Dr. Sofyan Salam, M.A., Ph.D.
  11. Prof. Dr. Bambang Sugiharto
  12. Prof. Dr. Suminto A. Sayuti
  13. Prof. Dr. Dharsono, M.Sn.
  14. Prof. Dr. Ruddy Pakasi, M.Pd.
  15. Prof. Dr. Setiawan Sabana, MFA.
  16. Prof. Dr. Victor van Ganap, M.Hum.
  17. Prof. Dr. Nurdien H.Kistanto, M.A.
  18. Prof. Dr. Mudjahirin Tohir, M.A.
  19. Prof. Madya Abdul Halim Husain, Ph.D. (UPSI, Malaysia)
  20. Prof. Madya Dr. Ismail Ibrahim (UMS Malaysia)
  21. Prof. Dr. Faruk HT
  22. Prof. Dr. Heddy Sri Ahimsa Putra, MA
  23. Prof. Dr. Teguh Supriyanto,M.Hum.
  24. Dr. Sri Iswidayati, M.Hum.
  25. Dr. Wahyu Lestari, M.Pd.
  26. Dr. Sunarto, M.Hum.
  27. Dr. Hartono, M.Pd.
  28. Dr. Agus Maladi Irianto, M.Hum.
  29. Dr. Udi Utomo, M.Si.
  30. Dr. Wadiyo, M.Si
  31. Dr. Agus Cahyono, M.Hum
  32. Dr. Triyanto, M.A
  33. Dr. Muhammad Ibnan Syarif, M.Hum

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*