PROGRAM STUDI S2 MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNNES

 PROGRAM STUDI S2 MAGISTER PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNNES

        Program studi pendidikan anak usia dini program magister UNNES adalah salah satu Program studi Pascasarjana UNNES. Program tersebut memiliki visi, misi, tujuan dan sasaran. Visi program studi pendidikan anak usia dini program magister UNNES yaitu terwujudnya program studi pendidikan anak usia dini sebagai pusat unggulan di bidang kajian dan akademik di bidang pendidikan anak usia dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Di dalam upaya mewujudkan visi tersebut maka progam studi PAUD UNNES memberikan pengalaman belajar pada mahasiswa yang tentunya berwawasan konservasi dan beraraf intenasional.

          Di dalam kegiatan belajar mengajar Pogram studi pendidikan anak usia dini program magister UNNES selalu memberikan pembelajaran yang bertaraf internasional, salah satunya dengan cara belajar bersama tenaga pendidik (dosen) yang berasal dari luar negeri. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap 3-5 kali pertemuan dalam semester. Salah satu tenaga pengajar bernama Prof. Brano yang berasal dari Slovakia. Di dalam kegiatan tersebut para mahasiswa progaram studi PAUD S2 UNNES belajar besama mengenai fenomena pendidikan di dunia, berdiskusi tentang kebijakan pendidikan anak usia dini di negara-negara Eropa dan Asia, serta membandingkan sistem pendidikan anak usia dini khsusnya di Indonesia dan di Slovakia.

         Berdasarkan dari hasil komparasi tersebut maka mahasiswa dapat mengambil kesimpulan atas kebijakan yang tepat untuk diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Harapannya nanti dapat memperbaiki kualitas pendidikan anak agar lebih baik lagi. Selanjutnya dalam pertemuan tersebut juga membahas tentang rancangan penelitian (research) mahasiswa PAUD S2 UNNES. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk diskusi rancangan tugas akhir (tesis) yang harapannya dapat diselesai tepat waktu dan tugas akhir tersebut memiliki kualitas yang baik, bermanfaat bagi masyarakat luas. Berikut ini dokumentasi ketika perkuliahan dengan dosen dari luar negeri.

Gambar 1.1 Kuliah Metode Penelitian dengan Prof. Brano dari Slovakia

 

GUEST LECTURE

Gambar 3. Kuliah bersama Guest Lectur dari Norwegia

          Pada tanggal 28 November 2017 Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana UNNES mengundang dosen atau guest lecture dari Norwegia. Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Di dalam kegiatan tersebut memaparkan tentang materi pendidikan anak usia dini Materi tersebut berisi baik tentang pengasuhan di keluarga Norwegia maupun pendidikan di sekolah taman kanak-kanak. Hal yang membuat mahasiswa indonesia kagum dengan pendidikan anak usia dini di Norwegia adalah sistem pembelajarannya yang  100% persen hanya bermain serta kualitas guru yang kompeten. Kemudian di Norwegia penduduk yang memiliki anak ternyata semua beaya pendidikan ditanggung oleh pemerintah. Hal itulah yang menjadi kagum mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Harapannya suatu saat nanti pendidikan anak usia dini di indonesia lebih diperrhatikan dalam segala aspek baik lembaga sekolahnya, siswa maupun kesejahteran pendidik di Indonesia.

GUEST LECTURE

Gambar 3. Kuliah bersama Guest Lectur dari Malaysia

          Pada tanggal 22 april 2018 Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana UNNES kedatangan tamu praktisi pendidikan anak usia dini dari Malaysia. Praktisi tersebut sekaligus pemilik suatu sekolah di lembaga pendidikan taman kanak-kanak di Malaysia. Di dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pendidikan di Malaysia tidak jau berbeda dengan pendidikan di Indonsia. Sistem pendidikan di Malaysia berada di bawah kewenangan Kementrian Pelajaran Malaysia. Di Malaysia, warga negaranya dapat menempuh pendidikan dari sekolah milik kerajaan, sekolah swasta maupun secara individu. Sistem pendidikan yang wajib ditempuh yakni sekolah rendah dan sekolah menengah. Meskipun, bentuk pemerintahan adalah kerajaan, namun kerajaan tak memiliki hak untuk menentukan kurikulum atau cara pengajaran yang harus diterapkan. Semua kewenangan tersebut telah sepenuhnya dilimpahkan kepada Kementrian Pelajaran Malaysia. Pendidikan Awal Kanak-Kanak (PAKK) di Malaysia terdapat dua peringkat berdasarkan tahap umur kanak-kanak yaitu peringkat pertama dikenali sebagai TAKSA khas untuk kanak-kanak di bawah umur empat tahun dan TADIKA untuk kanak-kanak berumur empat hingga enam tahun.

BEAUTIFUL  VOLUNTEER

Gambar 5. Volunteer dari Firlandia

          Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana UNNES mengadakan kegiatan Sharing bersama seorang Volunteer dari Firlandia yang mengabdikan diri untuk membantu mengajar di salah satu lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia dalam kurun waktu terentu. Kegiatan sharing bersama banyak dihadiri oleh mahasiswa, banyak dari mereka berpartisipasi aktif dalam acara tersebut. Volunteer dari Firlandia tersebut juga menceritakan perjalanan menjadi volunteer serta alasan kenapa bersedia untuk menjadi volunteer di Indonesia. Pengalaman tersebut Hal tersebut sangat menginspirasi mahasiswa program Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat bagi masyarakat. Ternyata hidup bukan soal materi yang banyak namun tentang keikhlasan dan kebermanfaatan. Selain menceritakan perjalanan menjadi seorang Volunteer, beliau juga menjelaskan tentang sistem pendidikan di firlandia yang begitu maju. Harapan kedepannya para mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini dapat terus berkarya, saling membantu dan tetap bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini.

SILATURAHMI DI PANTI ASUHAN

Gambar. Silaturahim bersama anak-anak pani asuhan Al-Huda

          Salah satu misi Program studi pendidikan guru Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Program Pascasarjana UNNES adalah menyelengarakan bimbingan, pendampingan, advokasi dan bantuan provesional kepada masyarakat dibidang pendidikan anak usia dini yang berwawasan konservasi dan bereputasi internasional. Maka tepat pada bulan puasa tepatnya pada bulan juni tahun 2017 mahasiwsa magister program studi PAUD mengunjungi salah satu lembaga panti asuhan yang ada di Semarang. Selain berfungsi sebagai lembaga pengasuhan anak khususnya anak yatim lembaga tersebut juga sebagai tempat untuk mengaji bersama dengan anak-anak yang tinggal disekitar lingkungan tersebut. Mahasiswa Program studi pendidikan guru Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini berharap dengan adanya kegiatan terrsebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan setiap manusia. Mahasiswa juga menjalankan fungsinya sebagai mahasiswa yang dapat berkontribusi pada masyarakat luas. Sebab pada akhirnya manusia yang baik adalah mausia yang bermanfaat bagi mayarakat banyak.

 

Back Profil

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*