Purnatugas dari UNNES, Amin Suyitno Promosikan Kreativitas Matematika

Amin Suyitno SP.d. M.Pd. mengikuti ujian terbuka promosi doktor (S-3) Prodi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Amin Suyitno mempresentasikan disertasi berjudul ”Penelusuran Letak dan Penyebab Kesalahan dalam Mengerjakan Soal sebagai Basis untuk Pengungkapan Pertumbuhan Kreativitas Matematis Siswa”. ”Esensi dalam belajar matematika adalah menumbuhkan kreativitas matematis.

Namun, kreativitas matematis belum ditumbuhkan di kalangan mahasiswa,” ungkap Amin Suyitno. Ia menambahkan, penelitian disertasinya ini bertujuan menemukan tahap-tahap agar kreativitas matematis dapat tumbuh. Ia menggunakan model pembelajaran Read Think Talk Write (RTTW) yang dimodifikasi.

Setelah itu mahasiswa diberikan soal open ended yang memuat empat komponen, di antaranya fluency, flexibility, elaboration, dan originality.Fluency berarti satu soal memiliki banyak jawaban benar. Adapun flexibility berarti satu soal memiliki beragam cara penyelesaian.

Tumbuhnya kreativitas matematis dapat diungkap melalui penelitian kualitatif ketika mahasiswa mengerjakan soal secara elaboration atau lengkap dan originality atau benar-benar dikerjakan sendiri dengan jujur,” jelas dia. Disertasi tersebut akan diujikan di depan delapan penguji. Rektor Unnes, Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum, didaulat sebagai ketua penguji.

Selain itu, sekretaris penguji adalah Prof Dr Achmad Slamet MSi. Adapun enam penguji lain, adalah Prof. Dr. H Nanang Priatna M.Pd, Prof. Drs. Y.L. Sukestyarno M.S. P.hD, Prof. Dr. St Budi Waluya M.Si, Dr. Dwijanto M.S., Dr. Rochmad M.Si, serta Prof. Dr. Hardi Suyitno M.Pd. Amin Suyitno telah purnatugas per 1 Juli 2017. Meski demikian, ia tetap ingin menyelesaikan pendidikan S-3.

Ia pernah menjadi guru SMA di Sekolah Laboratorium IKIP Semarang pada 1973-1985. Kemudian pindah menjadi dosen Jurusan Matematika FMIPA UNNES sejak 1986 hingga purnatugas. Adapun ia aktif dalam penelitian di dalam dan luar negeri.

Beberapa penelitiannya dalam lima tahun terakhir di antaranya penelitian kerja sama luar negeri Unnes dan Universiti Malaysia Sabah. Adapun ia pernah terlibat dalam kegiatan penelitian luar negeri Unnes dan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Selain itu, selama dua tahun berturut-turut didaulat sebagai ketua dalam penelitian fundamental. Dalam tiga tahun terakhir telah menulis enam artikel internasional yang dipublikasikan di jurnal internasional yang berbeda.

Adapun, Amin Suyitno juga aktif sebagai pemakalah atau penyaji dalam seminar nasional dan internasional. Kini, ia aktif dalam kegiatan P4TK Matematika Yogyakarta sebagai narasumber nasional sekaligus penyusun buku ajarnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*