Selenggarakan Seminar Nasional, Pascasarjana Usung Problematika Pendidikan Abad 21

Sabtu, 6 November 2021, telah dilaksanakan seminar nasional di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang dengan tema “Problematik Pendidikan Abad 21: Respons Inovatif Jenjang PAUD hingga Perguruan Tinggi”. Seminar nasional ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum, menyampaikan seminar nasional ini diikuti oleh 800 peserta dan 80 orang pemakalah dari mahasiswa dan dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu sesi pemaparan dari pemakalah utama dan sesi paralel dari mahasiswa.

“Seminar nasional ini merupakan agenda rutin tahunan yang diharapkan menjadi wahana untuk menampung gagasan hasil penelitian mahasiswa sesuai bidang masing-masing dan memberikan pengalaman dalam berseminar” tutur Prof. Agus.

Hadir sebagai pembicara kunci yaitu Rektor Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Pada kesempatan ini Prof Fathur menyampaikan bahwa pendidikan tidak hanya secara formal saja, namun pendidikan itu dari buaian sampai ke liang lahad. Prof. Fathur juga menyampaikan tantangan dan peluang pendidikan di abad 21 yaitu revolusi 4.0, kebutuhan domestik, globalisasi dan milenial (generasi Z). Mahasiswa perlu mengembangkan keterampilan pada era digital data ini yaitu berpikir kritis, meningkatkan komunikasi dan kolaborasi, kreatif dan imajinatif, kewarganegaraan digital, literasi digital, dan kepemimpinan dan pengembangan diri.

Hadir sebagai pemateri pada seminar ini yaitu Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Sudarmin, M.Si Koorprodi S2 Pendidikan Kimia Universitas Negeri Semarang, Dr. G. R. Lono Lastoro S., M.A Sekolah Pascasarjana & Departemen Antropologi UGM, dan Dr. Dwi Priyono, M.Ed Direktur SEAMEO CECCEP. Bertindak sebagai moderator yaitu Prof. Dr. Ida Zulaeha, M.Hum Wakil Direktur bidang akademik dan kemahasiswaan Pascasarjana UNNES dan Dr. Eko Handoyo, M.Si wakil direktur bidang umum dan kepegawaian Pascasarjana UNNES.

Seminar ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada mahasiswa agar terus melampaui kemanusiaan dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang lahir dari revolusi 4.0 dan pandemi yang belum berakhir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*