Universitas Pancasakti Tegal tambah Doktor Baru

Dosen Universitas pancasakti Tegal  meraih gelar doktor ilmu pendidikan usai sidang promosi terbuka di Kampus Kelud Utara III Pascasarjana  Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada Kamis, 18 Januari 2018. Promovendus Habibi Beni, S.Pd M.Pd., dibimbing promotor Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd., kopromotor Dr. Achmad Rifai RC, M.Pd., anggota promotor Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. berhasil mendapat predikat kelulusan sangat memuaskan.

Beni mengusung riset mengenai keberhasilan penyelengaraan pendidikan sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam mempersiapkan proses pendidikan melalui belajar mengajar.  Guru lebih banyak dikaitkan dengan mutu pendidikan, beni mengkaji kinerja guru dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Ia meneliti 202 guru di kota tegal dengan mata pelajaran produktif SMK bisnis dan manajeman.

Hasil yang diperoleh dari penelitiannya, Beni menyampaikan adanya pengaruh budaya organisasi, kompensasi, kompetensi pedagogik dan supervisi akademik terhadap motivasi kerja guru. Dari sampel guru yang diberikan kuesioner divalidasi dan dianalisis secara sederhana dan regresi berganda diambil kesimpulan ada pengaruh yang positif dan signifkan budaya organisasi, kompensasi, kompetensi pedagogik dan supervisi akademik terhadap kinerja guru.

Beni adalah dosen Universitas Pancasakti Tegal, Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi sejak tahun 2013. Ayah dua putra dari Ira Maya Hapsari ini memberi saran dalam penelitiannya agar guru terus meningkatkan motivasi kerja dan memahami tentang supervisi akademik dalam melaksanakan tugas dengan berbagai faktor penentu. Kompetensi pedagogik perlu terus ditingkatkan karena mengingat guru sebagai media utama dalam pembelajaran basi siswa harus memiliki kemampuan mengajar yang baik, dan sebagai wadah untuk mengembangkan kinerja guru.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*