Workshop ke 32 Penulisan Artikel Ilmiah Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

Mahasiswa Pascasarajana wajib menulis jurnal internasional dan terbit untuk lulusan tahun 2018, demikian arahan Direktur Pascasarjana UNNES” saat membuka acara workshop yang dilaksanakan hari ini di gedung C lantai 4 Kampus Pascasarjana. “Penulisan Jurnal oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan bukan bertujuan untuk memberatkan Mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya, namun untuk meningkatkan kualitas lulusan Pascasarjana UNNES”.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 08.00 sampai selesai ini bertujuan untuk memberikan panduan dan melatih mahasiswa dalam menulis sehingga sudah siap menyusun dari awal. Peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa Master, sejak dini sudah dibekali bagaimana menulis secara sistematis. Untuk menulis manuskrip Prof. Dr. Sutikno, S.T., M.T. memaparkan agar mahasiswa mulai menulis dari sekarang, jangan ditunda lagi.

Publikasi ilmiah merupakan salah satu output dari penelitian. Publikasi yang baik dimulai dari memilih jurnal berkualitas sesuai yang dipersyaratkan serta menghindari jurnal predator.  Dimulainya penulisan tidak  harus menunggu penelitian yang sudah selesai, namun awal penelitian juga dapat dijadikan tulisan yang dapat dituangkan dalam bentuk artikel. Demikian yang ditekankan oleh pembicara.

Penelusuran referensi dapat dilakukan dengan sebagian besar mengambil dari pustaka primer seperti jurnal ilmiah dan conference/prosiding dan terbaru. Setelah itu menterjemahkan secara cepat atau meringkas referensi yang ditemukan kemudian menuliskan perkembangan penelitian (state of the art) dengan membuat kutipan dan daftar pustaka yang sesuai melalui kaidah salah satu gaya, dan terakhir mengecek tata bahasa (grammar) apabila akan ditulis dalam bahasa Inggris.

Kegiatan yang diikuti oleh 75 Peserta ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Pascasarjana UNNES untuk menumbuhkan minat menulis yang berkualitas oleh mahasiswa Magister dan Doktoral.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*